- SMS-kan ke 0858 7559 1110; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
- Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
- Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.
Judul | : | STRATEGI BELAJAR MENGAJAR | |||
Pengarang | : | Drs. Hamdani, M.A | |||
Penerbit ISBN Cetakan ke/th Bahasa Juml Halaman Kartas Isi Cover Ukuran | : : : : : : : : | Pustaka Setia 978-979-076-161-2 10, th 2011 Indonesia 344 hlm HVS Soft Cover 16 cm x 24 cm | |||
Kondisi Berat Harga | : : : | Baru 400 gram Rp. 45.000,- | discont 20% | ||
Bayar | : | Rp. 36.000,- |
DAFTAR ISI :
Model-Model Pembelajaran
BAB 1. PENGERTIAN DAN TUJUAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Hakikat Belajar Mengajar
- Pengertian Strategi
- Strategi Pengajaran
- Pengertian Belajar
Hakikat Pembelajaran
Perbedaan Model Pembelajaran
- Model Pengembangan Perangkat Menurut Kemp.
- Model Pengembangan Pembelajaran Menurut Dick dan Carey
- Model Pengembangan 4-D
- Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional)
Pembelajaran Kooperatif
- Pengertian Pembelajaran Kooperatif
- Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
- Aplikasi Pembelajaran Kooperatif
- Ketrampilan Kooperatif
- Fase-fase Pembelajaran Kooperatif
- Pendekatan Dalam Pembelajaran Kooperatif
Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
- Pendekatan Konsep
- Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
Ciri-ciri Pembelajaran
- Komponen-komponen Pembelajaran
- Strategi Active Learning
Pemilihan Strategi Belajar Mengajar
- Efisiensi
- Efektivitas
- Kriteria Lain
Merencanakan Program Belajar Mengajar
- Melaksanakan Proses Belajar Mengajar
- Melaksanakan Penilaian Proses Belajar Mengajar
Ketuntasan Belajar
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar
- Langkah-langkah atau Prosedur Pelaksanaan Ketuntasan Belajar
- Efektivitas Sistem Pembelajaran Kooperatif
Desain Sistem Pembelajaran Online Learning
- Behaviorisme dan Online Learning
- Kognitivisme dan Online Learning
- Konstruktivisme dan Online Learning
Belajar dan Perubahan Perilaku
- Perubahan yang Didasari dan Disengaja (Intensional)
- Perubahan yang Fungsional
- Perubahan yang Bersifat Positif
- Perubahan yang Bersifat Aktif
- Perubahan yang Bersifat Permanen
- Perubahan yang Bertujuan dan Terarah
- Perubahan Perilaku secara Keseluruhan
BAB 2. HAKIKAT SISTEM PENGEMBANGAN BELAJAR MENGAJAR
Belajar dan Proses Pembelajaran
- Media dan Proses Pembelajaran
- Media dan Proses Pembelajaran
- Media Pembelajaran, Media Animasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
- Lembar Kerja Siswa (LKS)
Pengertian Metode Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving)
- Metode Role Playing
- Pembelajaran Berdasarkan Masalah
- Cooperative Script
- Picture dan Picture
- Numbered Heads Together
- Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)
- Metode Jigsaw
- Metode Team Games Turnament (TGT)
- Model Student Teams - Achievement Divisions (STAD)
- Model Examples Non Examples
- Model leeson Study
Konsep Pembelajaran Tematik
Model Pembelajaran PAKEM
- Memahami Sifat yang Dinamik Anak
- Mengenal Anak secara Perorangan
- Memanfaatkan Perilaku Anak dalam Pengorganisasian Belajar
- Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif dan Kemampuan Memecahkan Masalah
- Mengembangkan Ruang Kelas Sebagai Lingkungan Belajar yang Menarik
- Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
- Memberikan Umpan Balik yang Baik untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar
- Membedakan antara Aktif Fisik dan Aktif Mental
Pengertian Active Learning (Belajar Aktif)
- Glasgow 1966 (Doing Science)
- Modell and Michael 1993 (Promoting Active Learning in Life Science Classrooms)
- UC Davis TAC (Handbook)
Penerapan Penggunaan Pendekatan Active Learning
- Buatlah Pembelajaran Matematika yang Berorientasi Dunia Sekitar Siswa
- Berikan Siswa Kebebasan Bergerak
- Tuntaskan dalam Mengajar
- Belajar sambil Mengajar
- Harmonisasi Hubungan Guru, Siswa, dan Orangtua
Penerapan E-Learning di Indonesia
- Peran Komputer bagi Pendidikan Anak
- Pengertian E-Learning
- Pengertian yang Terkait E-Learning
Jenis-jenis Sumber Belajar
- Pengertian Bahan Ajar
- Fungsi Bahan Ajar
- Klasifikasi Bahan Ajar
- Tujuan Bahan Ajar
- Ruang Lingkup Bahan Ajar
Bermain Sambil Belajar
Supervisi Meningkatkan Proses Pembelajaran
Prestasi Belajar
- Pengertian Prestasi Belajar
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
- Batas Minimal Prestasi Belajar
BAB 3. MODEL PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSIONAL
Model Pengembangan Instruksional
- Aplikasi Penerapan Model-model Pengembangan Instruksional
Stratei Merancang Tujuan Instruksional
- Kawasan Kognitif (Pemahaman)
- Kawasan Afektif (Sikap dan Perilakku)
- Kawasan Psikomotor (Psychomotor Domain)
Strategi Memilih Metode Instruksional
- Tujuan Instruksional
- Pengetahuan Awal Siswa
- Bidang Studi atau Pokok Bahasan
- Alokasi Waktu dan Sarana Penunjang
- Jumlah Siswa
- Pengalaman dan Kewibawaan Pengajar
Metode-metode Instruksional
- Metode Ceramah (Lecture)
- Metode Tanya Jawab
- Metode Penampilan
- Metode Diskusi
- Metode Studi Mandiri
- Metode Pembelajaran Terprogram
- Metofe Latihan Bersama Teman
- Metode Simulasi
- Metode Pemecahan Masalah
- Metode Studi kasus
- Metode Insiden
- Metode Praktikum
- Metode Proyek
- Metode Bermain Peran
- Metode Seminar
- Metode Simposium
- Metode Tutorial
- Metode Deduktif
- Metode Induktif
Hakikat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
- Pembelajaran Kooperatif
- Prosedur Instruksional dengan Menggunakan Berbagai Pendekatan
- Desain Sistem Instruksional
ADDIE untuk Membangun Sistem Kesiswaan
Model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSI-PK)
Pengembangan Desain Pembelajaran
- Hubungan antara Desain Pembelajaran
- Model-model Pengembangan Desain Instruksional
- Memilih Model Desain Pembelajaran
- Pengembangan Desain Pembelajaran
Model Belajar Inkuiri
- Expository dan Discovery atau Inquiry
- Discovery dan Inquiry
Pengembangan Media Pendidikan
- Media Pendidikan
- Klasifikasi dan Jenis Media
- Media yang Tidak Diproyeksikan
- Media Video
- Media Berbasis Komputer
- Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
- Tujuan Pamakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
Multimedia Pembelajaran Interaktif
- Pengertian
- Manfaat Multimedia Pembelajaran
- Karakteristik Media Dalam Multimedia Pembelajaran
- Format Multimedia Pembelajaran
Kualitas Pembelajaran
- Learning to Know
- Learning to do
- Learning to Live Together
- Learning to be
BAB 4. RENCANA PENGEMBANGAN, TUJUAN DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Fungsi
- Prinsipp Pengembangan
- Langkah-langkah Pengembangan
- Cara penyusunan RPP
- Format RPP
Strategi Pembelajaran Aktif
Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul
- Pengertian Bahan Ajar
- Ragam Bentuk Bahan Ajar
- Pengertian Modul
- Tujuan dan manfaat Penyusunan Modul
- Prinsip-prinsip Penyusunan Modul Pembelajaran
- Alur Penyusunan Modul
- Pengisian Format
Perbedaan Bahan Ajar dan Sumber Belajar
- Pengertian Teori Belajar Andragogi
- Perkembangan Teori Belajar Andragogi
- Asumsi-asumsi Pokok Teori Belajar Andragogi
- Andragogi dan Psikologi Perkembangan
- Pengaruh Penurunan Faktor Fisik dalam Belajar
- Langkah-langkah Pokok dalam Andragogi
- Perbandingan Asumsi dan Model Pedagogi dan Andragogi
- Keunggulan dan Kelemahan Teori Belajar Andragogi
Penegasan Istiah
BAB 5. MEDIA DAN METODE PENGAJARAN
Strategi Media Pembelajaran
Fungsi Media Pembelajaran
Jenis Peranan Media Pembelajaran
- Media Visual
- Media Audio
- Media Audio Visual
Jenis-jenis Media Pembelajaran
- Media Grafis
- Teks
- Audio
- Grafis
- Animasi
- Video
Ciri Media Pembelajaran
- Landasan Penggunaan media Pembelajaran
- Klasifikasi Media dan Sumber Belajar
- Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar
- Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
Pengertian Media Pendidikan
- Jenis Media Pendidikan
- Media Pengajaran Geografi
- Media Gambar Medium (Jamak, Media) adalah sebuah Saluran Komunikasi
Kelebihan dan Kelemahan Metode Mengajar
Teori dan Motivasi Belajar
- Teori Belajar Dienes
- Teori Belajar Browell dan Van Engen
- Teori Belajar Gagne
BAB 6. TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DAN UMPAN BALIK PENGAJARAN
Pengertian Kedudukan dan Syarat Evaluasi
- Pengertian Evaluasi
- Perbedaan Pengukuran dan Penilaian
- Pengertian, Tujuan dan Prinsip Penilaian
- Prinsip-prinsip Penilaian Hasil Belajar
- Jenis-jenis Evalulasi
Fungsi dan Tujuan Evaluasi
Jenis-jenis Evaluasi Belajar
- Evaluasi Formatif
- Evaluasi Sumatif
- Evaluasi Penempatan
- Evaluasi Diagnostik
Perbedaan Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif
Kriteria Evaluasi
- Standar Penilaian yang Mutlak
- Standar yang Relatif
- Instrumen Evaluasi
- Prosedur Pelaksanaan Evaluasi
Penyusunan Instrumen Nontes
Desain Evaluasi
Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
Umpat Balik dan Pennguatan Belajar
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
- Merumuskan Masalah
- Mengawali Masalah Penelitian
- Keberhasilan PTK
DAFTAR PUSTAKA
KEMBALI KE TOSERBA